Thursday, February 22, 2007

Programming by William Pena

William Pena

Dua tahap yang pertama dari proses perancangan keseluruhan yaitu : (1) penyusunan program (analisis) dan (2) rancangan skematik (sintesis). Penyusunan program adalah penyelusuran masalah dan perancangan adalah pemecahan masalah. Penyusunan program adalah menyelusuri dan menemukan masalah keseluruhan sehingga pemecahan perancangan dapat menyeluruh.

Programing

Pemrograman (programming) adalah suatu proses yang terorganisasikan dan didasarkan pada tatacara yang baku yang dapat dipergunakan pada proyek-proyek besar dan kecil, tipe bangunan yang sederhana dan rumit dan dengan klien tunggal atau banyak. Penyusunan program berguna pada proyek-proyek yang besar, rumit dan tidak terbiasa bagi kelompok-kelompok klien besar. Penyusunan program tidak sekedar mangajukan pertanyaan-pertanyaan, melainkan pemrosesan data mentah menjadi informasi yang berguna dan merangsang klien untuk membuat keputusan-keputusan.

Untuk mengorganisasi sejumlah informasi yang akan dianalisis, seorang pemrogram harus diperlengkap dengan suatu kerangka rasional untuk memperjelas situasi dan untuk meningkatkan keteraturan. Kerangka tersebut terdiri dari suatu proses lima langkah :

  1. Tetapkan Sasaran

  2. Kumpulkan dan analisis Fakta

  3. Ungkapkan dan uji Konsep

  4. Tentukan Kebutuhan

  5. Nyatakan Masalah

Faktor-faktor penentu perancangan berhubungan timbal balik dengan empat pertimbangan utama yaitu : Fungsi – Bentuk – Ekonomi - Waktu. Ke empat pertimbangan yang saling berkaitan tersebut bersama dengan perangkat-perangkatnya menyediakan jaminan akan suatu pendekatan yang menyeluruh kearah perumusan masalah keseluruhan.

Ke lima langkah tersebut juga berkaitan timbal balik. Langkah-langkah tersebut dirancang bertujuan sebagai berikut :

    1. menguji kesesuaian antara sasaran dengan konsep (yaitu apa yang harus dicapai dan bagaimana caranya)

    2. mengenali hubungan fakta-fakta

    3. menganalisis kondisi-kondisi yang ada dan yang diproyeksikan

    4. membuktikan kelayakan proyeknya

    5. membentuk intisari, kejelasan dan keamungan suatu proyek.

Produk terakhir dari penyusunan program (programing) adalah pernyataan permasalahan yang berguna sebagai langkah pertama pada perancangan. Pernyataan masalah haruslah jelas dan ringkas – menurut kata-kata perancang sendiri sehingga tidak ada keraguan bahwa ia mengerti. Pernyataan masalah harus memusat pada hal-hal jelas – yang sering terlewat. Pernyataan-pernyataan tersebut mandahuluii suatu pemecahan yang menyeluruh terhadap masalah keseluruhan – bukan mengedampingkan informasi pada langkah sebelumnya tetapi dengan memecakan kambali kerumitan awal dari masalah perancangan menjadi pernyataan-pernyataan yang sederhana dan jelas.

1 comment:

Unknown said...

isinya bagus tapi warna tulisannya bikin pusing n ga keliatan. padahal isinya bagus banget